BUKU SASTRA JAWA 2010 KARANGAN SUPARTO BRATA

| |

 Gubernur Suryo

LELABUHANÉ GUBERNUR JAWA TIMUR I R.M.T.A.SURYO. Menceritakan riwayat hidup RMTA Suryo sejak jadi Bupati di Magetan zaman diduduki Jepang, lalu jadi Syucokan di Bojonegoro, lalu menjadi Gubernur Jawa Timur di Surabaya menghadapi pasukan Inggris pimpinan Maj.Gen.E.C.Mansergh yang mengultimatum akan menggempur Kota Surabaya dari laut, darat dan udara, membuahkan pertempuran 10 November 1945, menceritakan juga pemberontakan PKI di Madiun 1948, yang akhir-akhirnya RMTA Suryo terbunuh oleh sisa-sisa pasukan pemberontakan PKI tersebut. Cerita biografi sejarah yang perlu diketahui oleh para generasi muda.

 Gedhong Setan

GEDHONG SETAN (‘t SPOOKHUIS). Cerita misteri tentang Gedung Setan di Pasarkembang Surabaya pada zaman Belanda. Hampir semua studen HBS bangsa Belanda pada percaya dengan adanya setan di Gedung Setan, tetapi malah Totje yang orang Jawa tidak percaya. Maka Totje dijadikan pertaruhan berani-tidak masuk ke gedung itu pada malam hari Jumat Kliwon. Tantangan tadi diterima oleh Totje, dia akan masuk dan harus memperoleh bukti bahwa dia betul-betul masuk gedung tadi. Karena itu dipinjami kamera foto, untuk menjelaskan keberaniannya. Ternyata pada hari senja pemberangkatan ada seorang noniek Belanda yang mau ikut menemaninya masuk Gedung Setan itu. Mereka masuk ke sana pada senja hari gerimis, berbau kemenyan dibakar, lalu apa yang terjadi? Baca saja bukunya (dalam bahasa Jawa).

Nona Sekretaris

NONA SEKRETARIS. Peradaban manusia menurut futuristik Alfin Toffler, dibagi jadi 3 gelombang prahara. Yaitu Abad Pertanian, Abad Industri, dan Abad Informasi. Mengikuti pembagian tadi maka cerita roman Nona Sekretaris ini tergolong lelakon yang terjadi pada akhir Abad Industri. Abad Informasi sedang akan mulai. Siaran TV hanya ada TVRI. HP belum ada, telepon rumah masih sangat terbatas. Suratkabar Jakarta bisa menembus ke daerah, beredarnya terlambat sehari dari hari terbitnya. Sirtu seorang gadis dari Sragen, pergi ke Jakarta cari kehidupan berbekal kepandaiannya kursus-kursus ketrampilan mengetik, steno, tata buku, dan berbahasa Inggris. Dapat pekerjaan di Biro Pentas Artis, suatu kantor impresario yang mengatur pentas-pentas musik dan tari. Di situ Sirtu bergaul dengan para seniwati musik dan tari, dan juga dengan karyawan event-organisatornya. Sirtu terjerat pergaulan para seniman panggung yang sering obral kisah cinta dan perselingkuhan, seperti layaknya lelakon yang terjadi sejak dulu kala hingga saat ini. Betapa kisah cinta Sirtu tidak kalah seru dari kisah-kisah di infotement yang berlangsung saat ini. Suatu pelajaran yang berharga untuk hidup memilih jodoh.

 Cintrong Paju-pat

CINTRONG PAJU-PAT. Luhur direktur muda perusahaan iklan di Jakarta dijodohkan dengan Abrit Mayamaya, bintang senotron. Sebetulnya masih sama-sama mau mempertimbangkan keputusannya, saling menyelidik pribadi lawan masing-masing. Di kantor periklanan menerima karyawati baru bernama Lirih Nagari yang dikaryakan pada bidang komputer. Karena jaringan komputer sering rusak Lirih membawa ahli teknik Trengginas untuk memperbaiki jaringan komputer di kantornya. Ternyata Trengginas adalah teman tercinta Abrit Mayamaya ketika menjadi “Arèk ITS Cuk!” di Surabaya. Sedang Luhur, ketika kemudian bertemu Lirih, tahu bahwa karyawati baru itu pernah berjumpa mesra dengan Luhur di lokasi syuting Abrit. Lalu, bagaimana akhir kisah cinta segi empat itu? Meskipun buku sastra Jawa, hebohnya dan aktualnya tidak kalah dengan siaran Reality Shaw, Infotainment maupun Entertainment yang sedang ngetop jadi rerasanan, pelajaran budaya baru dan gaya hidup bangsa Indonesia zaman sekarang. Tetapi penulisan pada buku pasti lebih banyak kata dan ungkapan bijak yang bisa direkam dijadikan etika peradaban sopan-santun dan kesantunan tadi bisa ditularkan kepada generasi berikutnya; sedang budaya menonton (TV) dan mendengar hakekatnya (nikmatnya) tidak bisa diturunkan kepada generasi berikutnya (generasi berikutnya tidak mendapat ilmu apa-apa dari nikmatnya nonton TV generasi yang lalu).

 Pawestri

PAWÈSTRI TANPA IDHÈNTITI. Panuluh direktur utama PT.Frozenmeat Raya yang mengimport daging beku dari Australia kepergok kena rasia operasi penyakit masyarakat oleh kepolisian sedang berkencan dengan perempuan di hotel. Dirasia polisi perempuannya terkejut, tak sadarkan diri. Oleh Panuluh ditolong, dibawa ke rumah sakit. Sembuh, sadar, tapi amnesia, sama sekali tidak ingat riwayat hidupnya. Maka dipanggil saja dengan nama Pawèstri. Karena sehat, tapi tidak jelas identitasnya, dibawa pulang oleh Panuluh ke rumahnya di Jatiwaringin Jakarta Timur, diperlakukan sebagai keluarga. Diprotes oleh Pangèstu, putera Panuluh yang jadi agen penjualan daging beku di Depok. Pangèstu khawatir kalau kisah asmara ayahnya dengan Pawèstri berkembang biak, menikah dan mengganggu kepewarisan perusahaannya import daging itu. Maka kehidupan rumah tangga Panuluh di Jatiwaringin selalu diganggu gugat. Tetapi Pawèstri, meskipun amnesia, ternyata cekatan dan berpikir cerdas memajukan perusahaan daging beku import itu. Atas kerja ulet dan gagasan Pawèstri perusahaan daging PT Frozenmeat Raya berkembang sampai di daerah Serpong Raya, merencanakan kalau Jalan Serpong Raya telah tembus Bandara Sukarno-Hatta, akan melakukan import daging melalui udara. Dan Dengan berkembangnya perusahaan daging di Tangerang-Jakarta Barat Pawèstri telah membelikan rumah bagi stafnya di Cluster Latinos perumahan elite BSD (Bumi Serpong Damai). Pangèstu mau berbuat apa? Solusinya dikisahkan oleh Suparto Brata pada roman sastra Jawa garapan 2009. Sastera Jawa tidak selalu menceritakan kehidupan priyayi Jawa zaman feodal, atau orang desa yang hidupnya miskin bodoh tertinggal zaman, buku ini menceritakan kiat-kiat kehidupan orang Jawa pada zaman ketika buku ini terbit belum dilewatinya.

 Donyane

DONYANÉ WONG CULIKA. Ini cerita Jawa. Bahasa Jawa, rasa Jawa, pikiran Jawa di Tanah Jawa abad 20. Ini cerita orang Jawa di desa, di sawah, di kota, di rumah kampung, di rumah gedung, di hotel, di guest-house, di istana raja. Ini cerita penghidupan Sabar kusir dokar, Wongsotukiran yang gugontuhonen, Nini Sali janda tua tanpa keluwarga, Barman si penjual kelapa, Painem bocah kurus penyakitan, Dalimin yang setia kepada majikan bangsawannya, Kariya Mentes petani yang usaha perusahaan batu bata,, Den Darmin yang idealis, Ki Pratiknya dalang wayang, Ndara Kangjeng Jodi bangsawan yang menguber cintanya, Jumilah perawan desa yang Gerwani, Sangkarku penabuh gamelan yang seniman Lekra, Ndrajeng Manik putri kraton, Ndara Jemba putri bangsawan tanpa ayah, Sastra Kentrung guru tulis yang buta, Nyi Lurah Badrakirana pesinden istana raja, Santinet tukang kridit kain, Bonet mahasiswa, Steffy Tjia etnis Cina yang patriot Indonesia. Dan banyak lagi tokoh berkarakter beda di cerita DONYANÉ WONG CULIKA yang arti judul itu (INDONESIA) NEGERINYA ORANG CURANG. Buku ini menceritakan orang Jawa zaman Belanda, zaman perjuangan melawan Belanda, zaman Jogjakarta Ibu Kota RI, zaman Nasakom (Nasional-Agama-Komunis), zaman Orde Baru. Ini cerita orang Jawa, kebiasaannya, wataknya, perasaannya, pikirannya, pekertinya, polah-tingkahnya, pekerjaannya, sandang-pangannya, budayanya, agamanya, zamannya, negaranya, sejarahnya, buminya, keadaan alamnya, nasibnya, takdirnya, jantra kehidupannya, dan barangkali ramalan masa depannya. Cerita ini digubah dengan bahasa Jawa ngoko setebal 538 halaman, bahasa sastra Jawa standar ketika zaman cerita rekaan ini terjadi.

Buku-buku di atas akan diterbitkan tahun 2010 oleh Penerbit Narasi Jogjakarta. Hanya dicetak sedikit, sesuai kemampuan modal pengarangnya. Maka selalulah menghubungi Penerbit NARASI Jogjakarta, agar tidak kehabisan. Alamat Penerbit Narasi Jogjakarta:

PENERBIT NARASI
Jalan Irian Jaya D-24, Perum Nogotirto II Jogjakarta 55292
Telp. (0274) 7103084, Faks. (0274) 620879
Email: penerbitnarasi@yahoo.com
Blog: www.penerbitnarasi.blogspot.com

Posted by Suparto Brata on Wednesday, January 20th, 2010. Filed under Uncategorized. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

8 Comments for “BUKU SASTRA JAWA 2010 KARANGAN SUPARTO BRATA”

  1. Ass….
    Pak, nyuwun pirsa menawi cerita “Lelakone Si Lan Man” menika lerese awujud CERBUNG napa CERKAK? Kula gadhah bku kumpulan cerkak punika,keterangananipun bilih cerita menika nate dipun pacak wonten JAYABAYA edisi 1,8,15,22 maret 1987. bilih cerita menika cerkak sanes cerbung kengeng menapa diterbitkan dalam edisi yang berbeda? biasanya cerkak hanya satu kali terbit sudah hbis crita. saya begitu tertarik ceritanya dan ingin meneliti cerita tersebut untuk skripsi.kemarin saya mengajukan judul cerita tersebut dan sudah diterima,saya pikir itu berupa cerbung jadi saya bingung dengan masalah ini.mohon bantuannya nggih Pak. nanti saya minta tolong koment saya ini dijawab lewat email saya. matur lepat niki basa jawine dereng sae nembe nyinau. matur nuwun.wass….

  2. saya sdh menghubungi penerbit narasi utk pesan buku2 di atas. dan jawaban dr penerbit sungguh mengagetkan saya krn mereka bilang tdk mencetak buku2 tsb.

  3. di Surabaya bisa didapatkn dimana ya?blz via email

  4. Katur Bp. Suparta Brata
    Nyuwun pirsa, menawi buku Sanja Sangu Terbela punapa taksih wonten ? Kula kepengin maos malih. Kados pundi caranipun ? Ugi buku karangan penejenengan sanesipun. Utaminipun novel berbahasa Jawa terbitan tahun 60an.
    Matur nuwun saderengipun

  5. saya mencari novel “Donyane Wong Culika” . apakah novel tersebut masih ada?? tolong beri informasi,dimana saya bisa mendapatkan novel tersebut.

    terimakasih.

  6. kalau mau mendapatkan buku LELABUHANÉ GUBERNUR JAWA TIMUR I R.M.T.A.SURYO dimana?? tolong bantuannya, saya butuh sekali. terimakasih

  7. ada novel jawa tahun 2011/2012 ?? kalau ada tolong dikonfirmasi ya!

  8. ass. wr. wb.
    Saya mau beli buku novel karangan Suparto Brata yg berbahasa Jawa sejak tahun 1965. emprit ambuntut bedhug, sanja sangu trebela, tretes tintrim dll. Mohon kasih info. thankkkks

Leave a Reply

CAPTCHA Image
*